Makasih buat: Tuhan | Tanah Borneo | Kota Malang | Tanah Sintang |Bumi Puyang Gana | Kampus Tercinta | Anggi & Laras | Para Pembaca

jasa pembuatan blog. per blog kami memberikan harga spesial hanya Rp.250.000 Hub kami di HP 0813 4933 1313

Miki Hermanto. Powered by Blogger.
Widget by Katakan-Hey
Widget by Katakan-Hey
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
JANGAN LUPA MENGISI JAWAB POLLING YANG KAMI SEDIAKAN DI SAMPING KIRI BLOG.. INI TERIMA KASIH

Macan Itukah yang Disebut Mengkulau?

Sunday 9 October 2011

Misteri sosok Mengkulau yang sangat ditakuti di kalangan masyarakat asli kalimantan terutama kab.sintang (Kalbar) sampai saat ini belum terjawab seperti apa wujudnya. ataukah Macan kalimantan itu yang di maksudkan dengan Mengkulau itu?
beberapa orang tua di kawasan sintang mengungkapkan kalau mengkulau dahulu sering memangsa ternak penduduk, setelah di lihat ternyata mengkulau itu memiliki tubuh yang sangat tipis, bahkan saking tipisnya sampai se tipis tikar. pernyataan ini bukan hanya di sampai oleh satu orang saja namun rata-rata yang pernah melihat mengkulau ini juga mengatakan hal yang sama.sayangnya sampai saat ini belum ada masyarakat yang berhasil menangkap hewan misterius yang sangat menakutkan bagi masyarakat sintang ini walaupun saat ini sudah tidak pernah lagi terdengar ada yang bertemu atau tenal masyarakat yang di mangsa hewan tersebut. sekitar tahun 2000 lalu di dusun candi kareh, desa sirang setambang hampir ada warga yang berhasil menangkap hewan tersebut, namun sebelum berhasil menangkap hewan tersebut si warga yang hanya seorang diri itu mengalami kecelakanan karena penangkap yang ia gunakan mengenai dirinya sendiri. lagi-lagi sosok mengkulau tetap menjadi misteri. penulis juga sempat menanyakan kepada orang-orang tua yang tinggal di pedalaman sintang, apakah mengkulau itu macan? mereka menjawab macan dan mengkulau itu berbeda. ( sosok macan  di mata orang sintang akan saya jelaskan di postingan berikutnya nanti). karena mengkulau hanya dapat dilihat jelas kalau kita berdiri tepat di depan atau belakangnya karena tubuhnya yang sangat tipis selain itu tubuhnya berwarna hitam pekat mirip dengan beruang, berlari sangat cepat dan bisa berdiri tegak mengunakan kaki belakang bila keberadaannya terusik saat memangsa ternak, tutur masyarakat yang lainnya .jadi kesimpulannya sampai saat ini sosok mengkulau tetaplah misterius seolah-olah hanya menjadi mitos semata karena tidak ada yang berhasil menangkapnya dan membuktikannya walau sebenarnya banyak saksi mata.


0 comments :

Post a Comment

Bagi anda yang ingin meninggalkan komentar dan tidak memiliki Akun, silahkan gunakankan Anonymous.
Anda boleh mengcopy sebagian atau seluruh isi blog ini dengan tetap mencantumkan alamat blog.
Terima kasih telah berkunjung
salam Hangat dari Admin Aneka Raga