Makasih buat: Tuhan | Tanah Borneo | Kota Malang | Tanah Sintang |Bumi Puyang Gana | Kampus Tercinta | Anggi & Laras | Para Pembaca

jasa pembuatan blog. per blog kami memberikan harga spesial hanya Rp.250.000 Hub kami di HP 0813 4933 1313

Miki Hermanto. Powered by Blogger.
Widget by Katakan-Hey
Widget by Katakan-Hey
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
JANGAN LUPA MENGISI JAWAB POLLING YANG KAMI SEDIAKAN DI SAMPING KIRI BLOG.. INI TERIMA KASIH

Renaldy, Memilih Jadi Transgender

Friday 25 November 2011

 foto reynaldy

Reynaldi ini adalah pembawa acara KRU CILIK (KRUCIL) SCTV yang ngetop pada pertengahan tahun 1990an. Tentunya saat itu tidak ada yang mengira bahwa Reynaldi akan mengalami perkembangan fisik dan psikologis seperti sekarang. hal itu diakui artis yang kini menyandang nama Dena Rachman ini sebagai hal yang tak mudah diungkapkan.
"It's a gradual phase. Saya selalu merasakan sesuatu yang berbeda sejak kecil. Katakanlah sejak lima tahun. I know it sounds so typical, tapi itulah yang aku rasakan. Tidak ada seorang pun yang benar-benar bisa merasakan apa yang aku rasakan. Let them talk!" ungkap Dena, sebagaimana dilansir dari Detik.
Artis yang dulu juga sempat muncul dalam film MISTERI GUNUNG MERAPI ini juga menegaskan bahwa semua ini bukan atas keinginannya. Awalnya, dia pun merasa benci dengan dirinya sendiri. Namun perlahan, dia pun mulai dapat menerima dirinya yang seperti ini.
"It's hard to describe. Awalnya merasa aneh, canggung, bersalah, bingung, marah dan kemudian datang ke fase dimana aku benci diriku sendiri. I hate my self so much and feel rejected. Aku mencoba bersikap normal, tapi aku tidak merasa nyaman, my body rejects. And at that time, my friends were feeling uncomfortable with me when I pretend to be normal. It's just ridiculous," ungkap artis kelahiran 30 Agustus 1987 tersebut. sumber: yahoo.com


Kiper Vietnam Meninggal Karena cedera leher?


Sebuah pesan BBM datang ke redaksi Kompas.com, menanyakan apakah kiper Vietnam, Tran Buu Ngoc, meninggal dunia. Isu serupa juga beredar di internet. Kompas.com akhirnya mencari informasi, ternyata berita itu hanya hoax.
Meski begitu, Tran Buu Ngoc memang cedera parah di lehernya. Itu akibat terjatuh dua kali dalam posisi yang buruk saat Vietnam melawan Indonesia di semifinal, Sabtu (19/11/2011). Terakhir, dia menangkap bola dan terjatuh kepala lebih dulu hingga leher tertekuk. Bahkan, pertandingan sempat terhenti karena tim medis harus merawatnya.
Seperti dilansir situs resmi federasi sepak bola Vietnam, pelatih Vietnam, Falcko Goetz, mengatakan Buu Ngoc memang mengalami cedera. Namun, saat ini Buu Ngoc masih dalam penanganan tim medis. Ia kemudian memastikan sang pemain tak akan bermain dalam laga perebutan tempat ketiga melawan Myanmar, Senin (21/11/2011).
Begitu pula dengan informasi yang didapat Kompas.com dari pihak panitia yang menyebut kiper berusia 22 tahun tersebut tidak meninggal dunia. Pihak panitia mengatakan, Buu Ngoc hanya tidak bisa menggerakkan lehernya untuk saat ini.
"Tadi saya baru dari kamarnya untuk mengecek keadaan dia. Dia (Buu Ngoc) hanya tidak bisa menggerakan lehernya," ujar Line Officer timnas U-23 Vietnam, Parlindungan Siahaan.
Hoax soal kematian Buu Ngoc beredar kencang di internet. Kabarnya, Buu Ngoc tak bisa menahan cedera leher yang ia dapat saat timnya bertarung dengan timnas U-23 Indonesia.

sumber: kompas.com


Sengkubak Sebagai Penyedap dan Obat


Di Tulis Oleh: Miki Hermanto 
Sengkubak [pycnarrhena cauliflora (miers) Diels] merupakan salah satu golongan  liana yang termasuk family manispermaceae. Tumbuhan ini menjadi istimewa karena digunakan sebagai penyedap rasa alami yang sudah cukup terkenal di kalangan etnis dayak dan melayu di kabupaten sintang.  Pada masa serba instan dan berbahan pengawet seperti saat ini  selayaknya penyedap alami dari tumbuhan sengkubak ini dapat mejadi perhatian lebih besar pada masa-masa yang akan mendatang, mengingat penyedap modern banyak mengandung zat kimia sintetik yang dapat merusak kesehatan.
Pengunaan sengkunbak sebagai bahan penyedap alami merupakan salah satu bentuk pemanfaatan yang khas terhadap suatu jenis tanaman yang dilakukan oleh etnis Dayak dan Melayu kabupaten sintang. Pengunaan tanaman sengkubak sebagai penyedap rasa tumbuh dan berkembang dari pengalaman empiris yang diwariskan secara turun-temurun. Pengetahuan tradisional adalah salah satu kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya. Sengkubak selain dapat digunakan sebagai penyedap rasa juga dapat dijadikan obat alami. Hal ini karena marga pycnarrhena lainya yaitu P.Ozantha diketahui mengandung empat (4) bisbenzylisoquenoline alkaloids yang dapat mengobati tumor (Loder  1972; Abouchacraet et al. 1987), P.novoguinensis mengandung magnoflorine (Verpoorte et al 1982), P.manillensis Vidal tepung dari akarnya dapat mengobati kolera (Philippine medical plants 2007) dan P.tumetacta daunnya diketahui mengandung protein yang tinggi, sekitar 6-7% (Hoe & Siong 1999) oleh sebab itu sengkubang dapat di jadikan bahan bioaktif yang sangat bermanfaat bagi umat manusia. Namun sayangnya konservasi alam besar-besar di kabupaten khususnya dan Kalimantan pada umumnya telah membuat jumlah dari tumbuhan sengkubak ini semakin berkurang terlebih-lebih adanya pembukaan lahan perkebunan milik perusahaan yang terus merampas pertumbuhan sengkubak.


Ariel dan Luna Maya Putus?

Bisa dibilang pasangan artis Ariel dan Luna Maya mampu melewati cobaan berat saat mereka menghadapi kasus 'super berat' video porno. Mereka saling support untuk menyelesaikan kasus yang mengantarkan Ariel divonis hukuman penjara itu.
Belakangan berkembang kabar bahwa mereka telah mengakhiri hubungan. Hal ini ditandai dengan semakin jarang, hampir dua bulan, Luna tidak mengunjungi Ariel di rumah tahanan Kebon Waru Bandung, tempat vokalis Peterpan itu menjalani hukuman. Padahal Luna biasanya seminggu sekali bertandang menemui sang kekasih.
Tidak berhenti di situ, Raffi Ahmad, Ayu Dewi dan Olga Suputra saat di acara Dahsyat beberapa waktu lalu mengolok-olok Luna yang saat itu bermain ke Studio RCTI. Mereka dengan bahasa guyonan menyebut Luna telah punya pendamping baru.
Belum ada kepastian tentang putusnya hubungan mereka. Baik Luna Maya maupun Ariel belum memberikan konfirmasi. Hanya salah seorang teman dekat Ariel, kepada Detikhot.com mengungkapkan kalau hubungan mereka sudah berakhir.
"Benar, mereka sudah putus. Hampir dua bulan Luna nggak jenguk Ariel," ungkap pria yang tidak disebutkan namanya itu
Ariel & Luna
 sumber :yahoo.com


Facebooker Menemukan Kakek yang Hilang Selama Dua Minggu

Wednesday 23 November 2011

Puluhan ribu pengguna jejaring sosial Facebook di Filipina membantu mempertemukan kembali seorang nenek dengan suaminya yang hilang dua minggu lalu. Pasangan yang sudah menikah puluhan tahun ini pun kembali bersama setelah dua pekan berpisah.

Kisah ini dimulai ketika seorang fotografer amatir memasang foto nenek Aurelia Matias, 73 tahun, di laman Facebook miliknya pada Senin (21/11), seperti dikutip detikcom dari AFP, Rabu (23/11/2011).

Dalam foto hitam putih tersebut, nenek Aurelia Matias duduk di pojok jalan raya dilatarbelakangi sebuah poster orang hilang bergambar suaminya. Foto tersebut pun mendapat banyak perhatian sesama pengguna Facebook dan dilihat oleh hampir 61.000 orang.

Suami Aurelia, Luis Matias (78), yang juga mantan pelayan itu kemudian ditemukan sedang duduk di atas kotak bunga berjarak kurang dari satu setengah jam dari rumahnya. Ia ditemukan oleh salah satu warga setelah mendengar berita tentang orang hilang dari salah satu stasiun radio yang menyiarkan cerita di Facebook.

Kakek tua ini didiagnosa menderita hilang ingatan. Pasangan tersebut tinggal di kota Manila. "Pada 11 November, ia keluar rumah. Polisi gagal menemukannya, namun ia akhirnya ditemukan setelah dalam waktu dua hari muncul posting di Facebook," ujar anak perempuan dari pasangan lanjut usia tersebut, Norma Avancena (48).

"Kami bahkan tidak tahu bagaimana menggunakan Facebook, tapi Facebook telah membantu kami dan kami berterima kasih kepada orang yang mengambil foto ibu kami dan mempostingnya ke Facebook," kata Avancena, satu hari setelah ayahnya ditemukan.

Avancena menuturkan ibunya sangat bahagia. Bisa kembali berkumpul dengan suaminya yang sudah dua pekan menghilang. "Ibu saya orang yang perhatian. Ia memasak, menyuapi, mengganti popok, dan memandikan ayah saya sejak ayah saya kehilangan kemampuan untuk merawat dirinya sendiri. Ayah adalah cinta pertama ibu," kata anak perempuan pasangan lansia tersebut.

Reddie Js, sang fotografer amatir, menceritakan pertemuannya dengan wanita pedagang kaki lima berambut putih di laman Facebook miliknya. "Saya tersentuh melihatnya mencari suaminya, jadi saya memutuskan untuk membantu," kata Reddie.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Global Surveys, Filipina menempati peringkat sepuluh besar pengguna Facebook di dunia.

sumber: http://www.detiknews.com


kumpulan RPP dan laporan untuk SMP dan umum

Buat Bapak/ibu buru atau buat adik-adik mahasiswa jurusan keguruan kali ini saya akan membagi RPP untuk SMP. materi lengkapnya dapat kalian download di bawah ini
  1. materi RPP pesawat sederhana dapat kalian download di sini
  2. materi RPP bejana berhubungan dapat kalian download di sini
  3. LAPORAN LAYANAN BIMBINGAN SISWA download di sini
  4. angket siswa download di sini
  5. silabus IPA terpadu download di sini
  6. laporan PKL II download di sini


blogger wajib tahu

Wednesday 16 November 2011

sebagai blogger harus banyak tahu apa yang menjadi tren saat ini dan kita juga harus tahu kemana saja para peselancar internet berkunjung dan apa saja kata kunci yang mereka masukan dan apa yang paling banyak mereka cari dengan begitu kita bisa membahas hal yang sama dengan paling banyak penguna internet cari baik itu perminggu atau perbulan untuk pertahun tidak saya sarankan karena itu sudah basi bagi pengunjung, selain itu juga ga tren.. ok langsung saja kita meluncur ke TKP
kalian cuma perlu melihatnya disini silahkan anda cari sesuai dengan kebutuhan anda baik itu secara wilayah maupun negara. semoga ini bermanfaat bagi anda.


Anita Hara

Sunday 13 November 2011

Anita Hara memang tengah menjadi buah bibir dalam kurun beberapa hari terakhir. Hal itu berkaitan dengan tersebarnya foto ciuman Anita Hara di internet bersama seorang lelaki yang diduga adalah pacarnya, beberapa hari yang lalu.

Kini pemberitaan tersebut sepertinya terus berlanjut karena menurut pengakuan Anita Hara, bahwa foto-foto mesranya beredara lantaran ponselnya hilang dan dari ponsel yang hilang tersebut pula, foto pribadi yang seharunya menjadi konsumsi pribadi, kini beredar luas di ranah publik.

Hal yang menghebohkan kian mengemuka, setelah ada kabar bahwa pada ponsel Anita Hara yang hilang juga terdapat video syur Anita Hara bersama lelaki yang sama, namun dari konfirmasi yang dilakukan oleh Detikhot kepada manajer Anita Hara yang bernama Alle, mengaku bahwa tidak mengetahui tentang adanya video syur Anita Hara pada ponsel yang hilang tersebut.

"Wah video apa? Memangnya ada? Kalau saya sih yakin nggak ada yang seperti itu. Mungkin hanya kabar-kabar burung saja karena ngeliat foto-foto Anita yang tersebar dari BB (BlackBerry)-nya yang hilang," terangnya
Foto Ciuman  Anita Hara
Foto ciuman Anita Hara


Sirang Setambang

Sirang setambang adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang (Kalimantan Barat). Berbatasan dengan desa Temawang muntai disebelah timur, desa Libau di sebelah selatan, desa buluh kuning di sebelah Barat dan desa tapang tanjung di sebelah Utara. ada pun desa sirang setambang mencakup 6 dusun yaitu dusun SP II, Dusun, Sirang, dusun Setambang, dusun Merayak, dusun Sempetang dan dusun terjauh adalah dusun Candi Kareh. jenjang pendidikan warga desa sirang setambang mulai dari Sekolah Dasar Sampai Sarjana (S1) adapun disiplin ilmu jenjang S1 adalah Kehutanan, Sosial Politik, Keguruan, Teknologi Informasi, Ekonomi, Arsitek dan Keagamaan. Di desa sirang setambang terdapat sebuah Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN 4 Sirang Setambang dan sebuah sekolah Menengah Pertama swasta yang merupakan hasil swadaya masyarakat. yaitu SMP Panca Bakti, walaupun SMP ini swasta dan hasil swadaya masyarakat namun telah banyak alumninya yang menyelesaikan jenjang S1 di berbagai perguruan tinggi baik swasta mulai dari dalam pulau sampai luar pulau. penduduk di desa sirang setambang multikultural mulai dari suku dayak, melayu sampai jawa. demikian juga dengan agama yang di peluk warganya, mulai dari kristen portestan, katolik sampai islam. mata pencarian warga di desa sirang setambang meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Swasta (Tambang Emas, Bangunan, Karyawan Pekebunan) Petani Karet, Berdagang, Beternak,


ikan arwana part 2

Thursday 10 November 2011

sebelumnya saya sudah memposting tentang ikan arwana (Baca disini) kali ini saya akan memposting kembali gambar-gambar ikan arwana yang saya kliping dari berbagai blog dan situs







CINA DALAM DAYAK

Oleh: Yohanes Supriyadi

Pengantar
Orang Dayak memanggilnya “sobat” (sahabat), mereka memanggil Orang Dayak “darat”, kadang-kadang dipanggilnya juga dengan sebutan laci. Laci artinya anak keturunan. La = anak, Ci = orang atau keturunan. Anak hasil perkawinan Dayak dengan Cina disebut Pantokng dan sebaliknya anak hasil perkawinan Cina dengan Dayak dikenal sebagai Pantongla.

Tulisan ini hanya memotret singkat dalam konteks sejarah, bagaimana relasi Dayak dan Cina yang hampir sempurna, khususnya kenapa Orang Dayak memanggil Orang Cina “sobat”, sebuah tata nilai budaya yang sedemikian sempurna, sebagai perwujudan dari nilai-nilai hidup yang dijaga dan dikembangkan selama ini.

Cina Dalam Dayak; Potret Inkulturasinya
Kata La Ci seringkali diplesetkan orang luar untuk mempengaruhi relasi Dayak dengan Cina. Menurut Acui (2005), merujuk pada kata La Ci, mungkin mereka mengakui secara “implisit” bahwa Dayak adalah keturunan dari kelompok imigran yang telah datang masa 3000-1500 Sebelum Masehi. Panggilan “sobat” Orang Dayak kepada Orang Cina diatas bukanlah tanpa alas an. Dalam tradisi yang sangat sakral, misalnya dalam mitologi religiousnya, seorang tokoh Cina merupakan salah satu tokoh penting yang sangat dihormati bahkan diakui sebagai leluhur Orang Dayak. Disebutkan, ada 5 orang tokoh, yang mencipta adat: Ne Unte’ Pamuka’ Kalimantatn, Ne Bancina ka Tanyukng Bunga, Ne Sali ka Sabakal, Ne Onton ka Babao, dan Ne Sarukng ka Sampuro. Menurut pengakuan Singa Ajan (94 tahun, seorang Singa/Timanggong, tinggal di kampong Rees-Menjalin-Landak), Ne Bancina adalah leluhur Orang Cina, beliau tinggal di sebuah tanjung, yang bernama tanjung bunga, daerah pasir panjang-Singkawang sekarang ini.

Sebagaimana sejarahnya, Dayak adalah merupakan keturunan Bangsa Weddoid dan Negrito (Coomans,1987). Orang Negrito dan Weddoid telah ada di Kalimantan sejak tahun 8.000 SM. Mereka tinggal didalam gua dan mata pencaharian mereka berburu binatang. Kelompok ini menggunakan batu sebagai alat berburu dan meramu. Warisan Weddoide yang masih bertahan hingga hari ini dan melekat pada sebagian kecil Orang Dayak adalah menjadikan hewan anjing sebagai hewan sembelih dan kurban pada jubata (Tuhan). Ini terjadi karena pada waktu itu banyak anjing hutan yang liar yang hidup di daerah ini. Binatang ini menjadi hewan buruan yang mudah bagi kaum Weddoide yang masih memiliki peralatan dari batu. Namun, kelompok ini sekarang telah lenyap sama sekali, setelah kedatangan imigran baru yang dikenal sebagai Bangsa Proto Melayu atau Melayu Tua (Wojowasito, 1957). Proto Melayu merupakan imigran kedua yang datang sekitar tahun 3000-1500 SM. Menurut Asmah Haji Omar http://www.amazon.co.uk), peradaban kelompok ini lebih baik dari Negrito, mereka telah pandai membuat alat bercocok tanam, membuat barang pecah belah dan alat-alat perhiasan. Gorys Keraf (1984) mengatakan bahwa, kelompok imigran ini juga telah mengenal logam, sehingga alat perburuan dan pertanian sudah menggunakan besi.

Emas merupakan penyebab terjadinya salah satu migrasi utama Orang Cina ke Kalbar pada akhir abad ke-18 (Jackson,1970). Dari catatan sejarah, tahun 1745, 20 orang Cina didatangkan dari Brunei oleh Sultan Sambas dan Panembahan Mempawah untuk bekerja pada pertambangan emas, utamanya di Mandor (wilayah Mempawah) dan di Monterado (Sambas). Hasil emas mencapai puncaknya antara tahun 1790 dan 1820. Pada tahun 1810, produksi emas dari Kalbar melebihi 350.000 troy ons, dengan nilai lebih dari 3,7 juta dollar Spanyol (Raffles, 1817). Keberhasilan pertambangan emas ini, menyebabkan Sultan Sambas dan Panembahan Mempawah terus mendatangkan Orang Cina, hingga pada tahun 1770 orang Cina sudah mencapai 20.000 orang. Menghindari perkelahian sesama perantauan setali sedarah, Lo Fong Fak, pimpinan sebuah kongsi di Mandor menyatukan 14 kongsi yang tersebar dan mendirikan sebuah pemerintahan “republic” Lan Fang pada tahun 1777. Republic ini berkuasa selama 108 tahun, 1777 - 1884. Pada masa Presiden Lan Fang ke-10, Presiden Liu Konsin yang berkuasa sejak 1845-1848, Republik ini pernah melakukan pertempuran dengan Orang Dayak didaerah Mandor, Lamoanak, Lumut, dan sekitarnya, hasilnya Orang Dayak kalah dan sebagian kecil memilih bermigrasi kehilir Sungai Mandor, hingga akhirnya membentuk pemukiman diwilayah Kesultanan Pontianak. Mereka inilah yang menjadi leluhur Orang Dayak di Sei Ambawang. Perang ini dikenal sebagai “Perang Lamoanak”.

Sebagaimana bangsa lainnya, Orang Dayak sudah mengenal tradisi pertanian sebagai mata pencaharian. Dalam mitologinya, sebelum padi dikenal, mereka meramu dan mengumpulkan sagu liar (eugeissona utilis). Sagu liar ini banyak tumbuh ditanah-tanah lembab, dikenal dengan nama rawa-rawa. Mereka mengambil pati dari sagu ini, lalu memelihara tumbuhan sagu, seperti sekarang dilakukan oleh orang Ambawang, Kubu Raya. Untuk mencampur sagu ini, mereka juga mengumpulkan dan memetik “kulat karakng” (sejenis jamur) sebagai makanan pokok kedua.

Karena hasil emas mulai berkurang pada tahun 1820-an dan terus menurun dalam dua dasawarsa berikutnya semakin banyak orang Cina diwilayah Republik Lan Fang yang beralih keperdagangan dan pertanian dengan menanam padi, sayuran dan beternak babi. Hal ini sesuai dengan penelitian Jessup, bahwa tradisi pertanian, khususnya tanaman padi Orang Dayak setidaknya telah dilakukan sejak tahun 1820-an (Jessup, 1981) . Tanaman padi mungkin dibawa oleh imigran Cina ini (Bellwodd;1985). Bellwodd mencatat, padi liar dan padi-padian lain telah dibudidayakan dipunggung Daerah Aliran Sungai Yangtze yaitu dilahan-lahan basah musiman disebelah selatan Propinsi Kwang Tung, Fuk Chian, Yun Nan dan Kwang Sie. Hal ini cocok dengan sebuah tulisan (Asali;2005;3), yang menjelaskan bahwa imigran Cina yang datang ke Kalbar umumnya dari bagian selatan China, khususnya dari Propinsi Kwang Tung, Fuk Chian, Yun Nan, dan Kwang Sie. Orang Dayak kemudian berubah dari masyarakat pengumpul sagu liar menjadi masyarakat yang aktiv menanam padi (Ave, J.B., King, V.T, 1986) dan menyelenggarakan siklus pertanian yang sarat ritual (Atok;2003;19). Padi pertama yang ditanam dikenal dengan nama padi antamu’. Oleh Petani Dayak, hingga sekarang jenis padi ini selalu ditanam, istilahnya “Ngidupatn Banih” (melestarikan benih). Jika merunut sejarah tanaman padi ini, tidaklah mengherankan kalau dalam prosesi perladangan Dayak, dalam siklus tertentu dan keadaan tertentu pula, nyaris mengikuti kalender Cina. Penanggalan Cina amat berpengaruh dalam tradisi perladangan Dayak, hingga hari ini.

Pola pertanian dilahan basah, diyakini juga sebagai warisan Orang Cina di Kalimantan Barat. orang Dayak mengenalnya dengan istilah Papuk/ Gente’/Bancah (sawah). Budaya pertanian ini dibawa kelompok migrasi terakhir dari Propinsi Yun Nan terjadi tahun 1921-1929, ketika di Tiongkok (Cina) terjadi perang saudara. Saat ini, diberbagai tempat kita masih menjumpai nama sawah berasal dari kata Cina. Di Kampung Nangka, 102 Km dari Pontianak, kita dengan mudah mendapatkan nama tempat berasal dari Cina; Ju Tet, Kubita, Pahui, dll. Ini sekaligus bukti, bahwa pencetakan sawah awalnya diperkenalkan mereka. Latar belakang kelompok imigran baru ini memang kebanyakan petani Orang Hakka.

Selain itu, sejak tahun 1880, orang Cina juga mulai membuka perkebunan lada, gambir dan setelah tahun 1910 memulai perkebunan karet (Hevea brasiliensis;Euphorbiaceae) (lihat Dove,R.Michael;1988) . Acong (70 tahun), warga Sei Nyirih Selakau-Sambas, menceritakan pada saya bahwa pernah ada sebuah perusahaan besar “KAHIN”, milik Tjiap Sin. Perusahaan ini berdagang gambir, cengkeh, kopra dan lada, dijualnya ke Singapura. Ia memiliki kapal layar besar. Untuk ke Singapura, mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari dari Selakau. Seiring menipisnya hasil Gambir, Cengkeh, Lada dan Kopra, pada tahun 1958, perusahaan ini tutup.

Pembauran Orang Dayak dengan Orang Cina yang terjadi sejak berabad-abad silam, menurunkan perilaku kebudayaan unik, khususnya peralatan adat istiadat dan hokum adat dalam budaya Dayak. Hari ini, masih dapat kita lihat dari alat-alat peraga adat (dan hukum adat) yang menggunakan keramik-keramik Cina. Pengaruh ini mungkin hasil dari perdagangan dan hubungan diplomasi mereka dengan bangsa Cina yang sempat tercatat dalam sejarah dinasti Cina dari abad ke-7 sampai abad ke-16. Pedagang Cina menukar keramik, guci anggur dan uang logam dengan hasil-hasil hutan yang dikumpulkan Orang Dayak seperti kayu gaharu, gading burung rangok (enggang), serta sarang burung walet. Pedagang dari Siam juga membawa guci-guci yang terbuat dari batu yang masih banyak digunaan Orang Dayak untuk mas kawin dan untuk upacara penguburan (Fridolin Ukur;1992).

Uniknya, pada peristiwa “demonstrasi” yang berlangsung sekitar 2 bulan, dari Oktober hingga November 1967, satu titik waktu dimana rezim Orde Lama beralih ke Orde Baru, Orang Dayak menyebarkan ”Mangkok Merah” sebagai media komunikasinya, untuk ”penghukuman sosial” terhadap Cina dipedalaman yang ditengarai berafiliasi dengan gerombolan PGRS/Paraku yang berideologi komunis. Ratusan ribu Orang Cina harus rela meninggalkan kampung-kampung dipedalaman, dimana sejak ratusan tahun mereka telah berinteraksi positif dengan Orang Dayak.

Tidak cuma itu, istilah keseharian dalam bahasa Cina dengan mudah kita temui dikalangan Orang Dayak. Di Kampung Rees, misalnya hampir semua proses pesta (baik pesta padi, perkawinan, sunatan, dll) istilah-istilah ini muncul. Dari menentukan waktu pesta (penanggalan Cina; ari segol, dll), nama tempat (tapsong, teosong,dll), nama alat (ten, teokang, dll), jenis masakan (saunyuk, tunyuk, dll) hingga prosesi makan (concok). Bahkan,alat-alat pesta maupun alat peraga adat (dan hokum adat) juga menggunakan prototive yang berasal dari Cina, misalnya; tempayan (tapayatn jampa, siam, manyanyi, batu, dll), mangkuk (mangkok), piring (pingatn), sendok (teokang), nampan (pahar), dll.

Dalam tradisi minuman, Cina dalam Dayak juga dapat kita lihat dari tradisi minuman keras, khususnya jenis arak. Sebelumnya Orang Dayak hanya mengenal tuak, yang terbuat dari saripati tanaman aren. Di Cina, minum arak sudah menjadi budaya yang tak terpisahkan. Oleh karena itu kita mengenal dewa mabuk dalam cerita-cerita kungfu. Arak, selain untuk meramu obat tradisional Cina, yang dikenal sebagai “tajok/pujok” oleh Orang Dayak juga sebagai bahan penyedap. Kini, arak telah menjadi bagian sehari-hari bagi kehidupan Orang Dayak.

Tak cuma itu, Cina dalam Dayak juga dapat dilihat dari persenjataan, khususnya pembuatan senjata api “senjata lantak” sebagai alat berburu dari Orang Cina. Bubuk mesiu ditemukan oleh ahli ahli kimia Cina pada abad ke-9 ketika sedang mencoba membuat ramuan kehidupan abadi. Bubuk mesiu ini dibawa tentara Cina yang menetap di Kalimantan setelah tujuan mereka menghukum Raja Kertanegara. Banyak bukti bahwa penggunaannya dengan belerang banyak dipakai sebagai obat (Wayne Cocroft; 2000). Sebelum mengenal senjata lantak dan mesiu, senjata untuk berburu dikalangan Orang Dayak masih berupa tombak dan sumpit. Tidak cuma itu, “judi” juga diperkenalkan kelompok etnik ini kepada Orang Dayak. Beragam jenis judi; Liong Fu, Te Fo, Kolok-Kolok, Sung Fu, dan lain-lain sangat digemari Orang Dayak hingga hari ini. Disetiap pesta, keramaian, warung/toko, dengan mudah ita menjumpai jenis-jenis permainan judi ini.

Dan bahkan, kegigihan Orang Cina dalam politik juga menjadi inspirasi bagi Orang Dayak. Sejak tahun 1941, mereka mulai mengembangkan diri dalam perjuangan politik. Sebagaimana diketahui, umumya kelompok Cina di Kalimantan Barat berasal dari Orang Hakka yang sangat terkenal keuletannya.Orang Hakka lebih independent-minded (berpikiran bebas), lebih mudah melepaskan diri dari tradisi dan menangkap idea baru untuk hidup. Tidak heran, orang Hakka adalah termasuk orang tionghoa yang cepat mengadopsi ide-ide Barat dibanding dengan yang lain dan mengkombinasikannya dengan budaya Hakka. Dan tekanan kepahitan hidup yang mereka rasakan menjadikan mereka lebih mudah menjadi kaum revolusioner, lebih progresif, dan lebih berani maju untuk menuntut pembaharuan, dan banyak pelopor-pelopor pembaharuan Cina modern berasal dari Hakka. Fleksibilitas orang Hakka dalam menyerap ide-ide baru, tidak bersikeras untuk mempertahankan tradisi lama yang menghambat, menjadikan Hakka sebagai etnis yang unik dalam sejarah China modern. Bukan kebetulan, kalau pemberontakan terbesar di China pada abad ke-19 yang melibatkan puluhan juta manusia, dan termasuk pemberontakan paling berdarah dalam sejarah kemanusiaan didunia, dimotori oleh orang Hakka. Literasi sejarah inilah yang kemudian disambung Orang Hakka di Kalimantan Barat dengan mendirikan sebuah Negara “republic” Lan Fang tahun 1777-1884. Selama Kolonial Belanda, republic ini pernah 2 kali berperang dengan Belanda, yakni tahun 1854-1856 dan tahun 1914-1916. Perang itu dinamakan “Perang Kenceng” oleh masyarakat Kalbar.

Sikap revolusioner Orang Cina juga muncul ketika Jepang menduduki Pontianak tahun 1941. Sekelompok Cina mendirikan organisasi bawah tanah dan menyiapkan diri untuk perang terbuka, namun niat ini menjadi hilang ketika hadir ”tragedi mandor”, sebuah pembunuhan massal oleh Jepang di Mandor, bekas ibukota Republik Lan Fang. Orang Cina kehilangan banyak sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu secara ekonomi. Dan karena sikap yang cenderung bersahabat dengan Orang Dayak, melalui Partai Persatuan Daya (PD), membuat sebagian elit Orang Cina yang lolos dari ”penyungkupan” berhasil mengkonsolidasi kekuatan politiknya, dan pada pemilu 1955 dan pemilu 1958, kelompok ini menang. Hal ini kemudian mengantarkan JC.Oevaang Oeray, tokoh Dayak asal Hulu Kapuas menjadi Gubernur Kalimantan Barat dan berhasil menempatkan dirinya sebagai refresentasi kelompok etnik yang berkuasa selama delapan (8) tahun. Dipergantian rezim Orde Lama ke rezim Orde Baru, hubungan Cina-Dayak terganggu dengan munculnya peristiwa “demonstrasi”, persahabatan sirna dan akibatnya puluhan ribu orang Cina harus rela “keluar” dari teritori Dayak dan mengkonsentrasikan diri di kawasan pesisir, yang selama ini menjadi teritori “Melayu”. Empat puluh satu tahun (41 tahun) terabaikan, dipenghujung tahun 2007, konsolidasi politik Orang Cina dan Orang Dayak menemukan klimaksnya, mereka kembali menempatkan dirinya sebagai refresentasi kelompok etnik yang berkuasa di Kalimantan Barat.

Penutup
Jika merujuk pada fakta budaya pada kelompok etnik Dayak Mampawah diatas, bagi saya, kemungkinan besar budaya Dayak sekarang ini merupakan hasil inkulturasi budaya Cina, walaupun kenyataannya menjadi budaya yang diakui sebagai tradisi Dayak. Mungkin saja, contoh diatas hanyalah contoh kecil dari inkulturasi Cina dalam Dayak. Saya memahami bahwa kebudayaan itu selalu bersifat dinamis, namun fakta bahwa tatanan social dan tradisi Dayak telah berinkulturasi secara tajam dan dalam dengan budaya Cina. Cina benar-benar telah masuk dalam diri Dayak, diberbagai bidang kehidupan, hingga hari ini.
________________
Tulisan ini disampaikan pada Kongres Kebudayaan Kalimantan Barat, Pontianak, 25-27 Agustus 2008. Penulis adalah Ketua Palma Institute, mahasiswa Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura Pontianak.



MENCARI DAYAK DI MASA SILAM DAN MASA DEPAN

“Sebuah catatan atas penyelenggaraan Musyawarah Nasional II Dewan Adat Dayak
Se-Kalimantan Di Pontianak, 2-5 September 2006”.

Yohanes Supriyadi
Anggota Presidium Pergerakan Cendekiawan Dayak (PCD) Kalbar

Pengantar
Tulisan ini hendak mengajak kawan-kawan aktivis Dayak Kalimantan yang akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional II Dewan Adat Dayak Se-Kalimantan, yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-5 September 2006 nanti, untuk berpikir dan memformulasi gerakan politik Dayak dimasa depan dalam kerangka NKRI. Sengaja tulisan saya beri judul: ”Mencari Dayak Di Masa Silam dan Masa Depan”, dengan harapan menjadi satu bahan diskusi secara komprehensif para peserta Munas II DAD, agar kegiatan Munas ini lebih bermakna, dan tidak sekedar simbolitas, sebagaimana kegiatan-kegiatan terdahulu. Masyarakat Dayak se-Kalimantan tentunya, dengan kegiatan yang maha besar diawal millenium baru ini sangat berharap adanya suatu formulasi yang tepat, cepat dan strategis untuk kemajuan Bangsa Dayak di Kalimantan, sehingga dapat sejajar dengan suku bangsa lainnya di Indonesia.

MELIHAT Dayak Masa Silam
Umum diketahui bahwa pada masa awal Dayak bolehlah dikatakan sebagai penduduk asli dan merupakan mayoritas di Kalimantan. Penduduknya menyebar mulai dari pesisir hingga bagian pedalaman. Mereka yang tinggal di pesisir mengembangkan beberapa kerajaan dan menganut Hindu, bekerja sebagai pedagang, nelayan, dan petani. Sedangkan sebagian lainnya yang tinggal di pedalaman menganut agama asli, bekerja sebagai peladang berpindah dan pengumpul makanan. Kontak dengan pedagang asing dan kedatangan migran, mendorong penduduk yang tinggal di pesisir untuk beralih agama menjadi Islam sedemikian sehingga mengembangkan kebudayaannya sendiri yang lebih berkembang dengan berpusat di kesultanan. Awalnya jumlah penduduk kelompok ini sangat sedikit, namun sering dengan semakin banyaknya Dayak yang berkonversi menjadi Islam disamping migrasi orang Islam dari daerah lain yang melakukan perkawinan silang, jumlah mereka menjadi bertambah. Mereka inilah yang kemudian menamakan dirinya sebagai Melayu (Dr. Iqbal Djajadi,2004).

Dalam bukunya ”Kalimantan Membangun”, Tjilik Riwut, Pahlawan Nasional RI satu-satunya dari bangsa Dayak Kalimantan mengungkapkan bahwa bangsa Dayak di Kalimantan juga memainkan peran yang sangat penting dalam merebut kemerdekaan dari tangan kolonial. Riwut, yang mantan Gubernur pertama Kalimantan Tengah ini mencatat bahwa pergerakan nasional modern dari pulau Kalimantan diawali dengan kemunculan Serikat Dayak (1919), Pakat Dayak (1923) serta Dayak In Action (1945) yang secara signifikan sudah sanggup mengemban keinginan merdeka dalam programnya dan mencoba mewujudkannya bersama rakyat. Pada tahun 1932, Serikat Dayak diubah menjadi Pakat Dayak, dengan konsentrasi pada kegiatan sosial, ekonomi dan pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Dayak melalui kegiatan social dan pendidikan seperti mendirikan sekolah-sekolah dan usaha semacam koperasi.

Namun, gerakan Dayak untuk bebas dari penindasan baik yang dilakukan kerajaan feodal maupun penjajah Belanda semakin menguat dari tahun ketahun diseluruh Kalimantan. Pada tahun 1941 misalnya, sejumlah tokoh Dayak dalam suatu retret guru agama katolik di Nyarumkop Kalimantan Barat bersepakat untuk meningkatkan dan memperjuangkan nasib orang Dayak melalui perjuangan politik. Kesepakatan itu merupakan salah satu inisiatif JC Oevaang Oeray, siswa seminari yang menulis surat kepada peserta retret. Oleh AF Korak, JR Giling dan MT Djaman, berhasil dicetuskan kebulatan tekad untuk berjuang secara politik. 4 tahun setelah kesepakatan itu, tepatnya pada tanggal 30 Oktober 1945, FC Palaunsoeka, guru sekolah rakyat di Puttusibau dan kawan-kawannya mendirikan Dayak In Action (DIA) dengan moderator seorang pastor Jawa bernama Adi Karjana SJ. Karena perkembangan situasi politik saat itu, pada tanggal 1 Nopember 1945, DIA diubah menjadi Partai Persatuan Daya (PD) dengan ketua umum pertamanya FC Palaoensoeka. Disetiap kampung dibentuk Komisariat yang sejajar dengan Dewan Pimpinan Cabang. Momentum gerakan politik melalui PD kemudian mendapat tempat dengan diubahnya karesidenan Kalbar menjadi Daerah Istimewa Kalbar pada tanggal 12 Mei 1947.

Sejarah mencatat, perjuangan politik orang Dayak ternyata tidak hanya berjuang secara diplomatic, tetapi ada juga yang berjuang senjata. Pada tahun 1943 diproklamasikan sebuah Negara Dayak bernama Negara Madjang Desa. Pang Suma menjabat sebagai perdana menteri, yang dibantu oleh Pang Linggan, dan kawan-kawannya. Gerakan Pang Suma menyihir para aktivis muda Dayak untuk bergabung dinegara yang baru terbentuk ini, termasuk sisa-sisa kaum progresif yang masih hidup ketika beberapa kali pecah pertempuran melawan pemerintah Hindia Belanda. Momentum perlawanan Pang Suma diawali dengan pemukulan seorang tenaga kerja Dayak oleh pengawas Jepang, satu diantara sekitar 130 pekerja pada sebuah perusahaan kayu Jepang. Kejadian ini kemudian memulai sebuah rangkaian perlawanan yang mencapai puncak dalam sebuah serangan balasan Dayak yang dikenal dengan Perang Majang Desa, dari April hingga Agustus 1944 di daerah Tayan-Meliau-Batang Tarang (Kab. Sanggau). Sekitar 600 pejuang kemerdekaan dibunuh oleh Jepang, termasuk Pang Suma. Di Sidas, Mane Pak Kasih, asal Kampung Pancur Sengah Temila bertempur dengan tentara NICA di Jembatan Sidas. Bersama rombongannya, Mane Pak Kasih gugur, membela kemerdekaan yang sudah diraih. Peristiwa ini dikenal dengan Perang Sidas. Mengapa pejuang-pejuang itu gagal ? Salah satu sebab utama kegagalan tersebut adalah ketidakmampuan Dayak radikal dalam mengkonsolidasikan kekuatan-kekuatan potensial rakyat Dayak secara umum, sehingga mereka tak memiliki kekuatan yang cukup dalam menghadapi serangan aparat militer Jepang.

Sebagaimana dicatat para penulis Eropah, pada masa sebelum dan selama masa kolonial, Kalbar merupakan daerah yang terdiri dari banyak kesultanan. Kendati saling bersaing, semua sultan adalah Melayu dan memperoleh dukungan dari pemerintah Belanda & Jepang. Dayak adalah rakyat yang menjadi subyek kekuasaan Melayu. Cina merupakan kelompok etnik yang walaupun juga berada dalam kekuasaan Melayu, namun mereka berusaha mengembangkan otonomi tersendiri & relatif eksklusif. Konfigurasi sosial semacam itu terus bertahan hingga beberapa peristiwa penting terjadi di penghujung masa kolonialisme dan masa kemerdekaan. Pemerintah Belanda & misionaris memberikan kesempatan pendidikan yang besar, dan secara sadar atau tidak, ikut membentuk identitas etnik kepada Dayak. Dalam batas tertentu, pemerintah dan misionaris juga membuka kesempatan pendidikan yang besar kepada Cina. Tragedi pembunuhan massal oleh Jepang di Mandor membuat Melayu kehilangan banyak sumberdaya manusia yang berkualitas. Dan karena sikap yang cenderung pro Belanda pada masa awal kemerdekaan, membuat Melayu pada akhirnya kehilangan peluang untuk menguasai birokrasi pemerintahan pada masa Orde Lama. Sejumlah Dayak berhasil memanfaatkan situasi ini, setelah berhasil mengkosolidasi kekuatannya, mereka mendirikan partai politik dan menang dalam pemilu 1955 dan 1958. Hal ini kemudian mengantarkan Dayak untuk menempati posisi sebagai kelompok etnik yang berkuasa. Satu orang menjadi gubernur, dan 4 di antaranya menjadi bupati serta beberapa mengisi jabatan-jabatan prestisius lainnya. Singkatnya, Dayak naik ke kursi kekuasaan, menggantikan kelompok etnik yang dulu mereka anggap sebagai penjajahnya.

Kemerdekaan dan politik luar negeri Indonesia di masa Orde Lama, membuat Cina menjadi lebih berkembang. Mereka bukan hanya menguasai ekonomi, melainkan juga mulai masuk dan berperan dalam bidang sosial-politik.

Tidak lama Dayak menguasai birokrasi pemerintahan. Seiring dengan pergantian rezim dan perubahan politik luar-negeri Indonesia, pemerintah pusat membatasi aktivitas tokoh Dayak dalam politik dan pemerintahan, dan menggantikannya dengan pejabat militer yang berasal dari Jawa. Dayak berusaha mengadakan koptasi, namun gagal.

Peralihan Orde Lama ke Orde Baru merupakan masa yang paling menyakitkan bagi Cina. Mereka bukan hanya kehilangan posisinya secara ekonomi dan politik, melainkan juga harus kehilangan materi dan nyawa. Kelompok etnik yang relatif beruntung adalah Melayu dan Madura. Belajar dari sejarah, secara perlahan Melayu berhasil kembali menguasai birokrasi tingkat menengah ke bawah. Kendati perannya secara politik tidak besar, Madura berhasil memperbaiki posisinya sedemikian sehingga pemerintah, militer, dan parpol terpaksa harus memperhatikan kepentingannya dalam beberapa urusan tertentu. Puncaknya adalah terpilihnya seorang militer Madura menjadi bupati di kabupaten Sanggau.

Orde Baru adalah masa kontemplasi dan konsolidasi bagi Dayak. Dalam masa panjang itu, mereka berusaha semakin menguatkan identitas etnik mereka dengan mengontraskan perbedaan antara Dayak dengan Melayu. Mereka mengidetifikasi dirinya sebagai Kristen, penduduk asli, mayoritas, namun dijajah oleh Melayu yang mereka anggap sebagai Islam, pendatang dan minoritas. Mereka mendirikan berbagai organisasi sosial-politik dan ekonomi yang berusaha memberdayakan kelompok etniknya. Beberapa belas tahun kemudian, pemberdayaan tersebut berhasil mentransformasikan dirinya sebagai suatu gerakan politik.


MENCARI Dayak Masa Depan
Saat ini, kaum feodalisme yang direfresentasikan oleh negara terus menekan Dayak. Intervensi kebijakan ekonomi neoliberal (yaitu,liberalisasi pasar; pemotongan subsidi rakyat; privatisasi asset daerah; liberalisasi impor) yang belakangan semakin intensif melalui berbagai alat-alatnya [Kadin, dsb] ternyata belum dianggap cukup ampuh sebagai solusi bagi krisis umum kapitalisme dewasa ini. Melayu pun memerlukan intervensi politik-ideologis; Dayak harus mendukung serta terlibat aktif dalam barisan perang melawan kemiskinan yang belakangan ini gencar dikampanyekan oleh pemerintah. Kedua tindakan tersebut pada hakekatnya adalah mengamankan Dayak.

Perlawanan Dayak secara umum mengalami peningkatan. Kualitas dan kuantitasnya bisa dibaca mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Meski demikian, kekuatan, daya pukul dan kualitas perlawanan itu sama sekali tidak merata, baik dari segi teritorial maupun sektor tertentu. Meskipun jumlah perlawanan meningkat, namun yang perlu dicatat adalah aksi-aksi Dayak itu mayoritas dilancarkan setelah pemerintah melayu mengeluarkan kebijakan yang strategis dan sangat terasa bagi Dayak. Sehingga, spontanitas memang masih menjadi ciri yang melekat pada perlawanan Dayak, karena sikapnya yang baru pada tahap menanggapi tindakan para pejabat, serta terbatas pada persoalan jabatan politik dan ekonomi, ketimbang merupakan hasil inisiatif dari bangsanya sendiri untuk melawan dan memberontak. Apalagi perlawanan ini belum menemukan satu bentuk dan tujuannya sama sekali, dalam periode transisional apalagi strategis. Sehingga selain spontan, ia juga masih sporadik dan sendiri-sendiri. Perlahan-lahan ciri ini mulai mencair. Meskipun secara umum memang wataknya masih spontanitas yang pasif, namun dari beberapa momentum telah menunjukkan perubahan yang cukup maju dan menimbulkan optimisme. Momentum Pemilihan Kepala Daerah Langsung sejak tahun 2005 (Pilkada) menjadi bukti kebangkitan embrionik bentuk perlawanan Dayak yang lebih terorganisir, lebih berwatak multi sektoral, serta berkarakter aktif dan politis dalam tuntutan dan sikapnya.

Secara keseluruhan perkembangan maju gerakan Dayak relatif belum cukup terintegrasi dengan arus perkembangan perjuangan demokratik. Dari ratusan kali aksi perlawanan massa yang berlangsung sepanjang sepuluh tahun ini, belum cukup berkembang luas yang berada dalam orbit program-program perjuangan demokratik. Mayoritas masih dalam arus perlawanan spontan yang berkembang dari proses alamiah. Perlawanan mahasiswa Dayak, maupun oportunisme program-program yang yang dipasokkan elemen-elemen diluar mahasiswa [kaum ekonomisme dan aliran opurtunisme lainnya]. Kemudahan-kemudahan dari atmosfir radikal perlawanan spontan belum mampu diakumulasikan menjadi energi revolusioner, baik dalam makna program maupun wadah-wadah politik massa.

Perlawanan Dayak yang selama ini terikat tangannya pada tuntutan tanah (dilakukan aktivis lingkungan, aktivis NGO), saat ini sudah mampu meluaskan cakrawala perjuangannya. Sebenarnya, sebagai gejala kesadaran Dayak dari kungkungan tuntutan akan tanah yang menjadi ciri pokok dari partisipasi Dayak dalam penuntasan reformasi total, dan menjadi tipe yang berbeda di kalbar, sudah menunjukan bahwa Dayak mampu bergerak lebih jauh dari ciri revolusi demokratik dalam makna Eropa dan atau Amerika Latin.

Dayak juga bergerak atas landasan hak-hak demokratiknya, menjatuhkan ratusan kepala desa dan bahkan beberapa juga bupati karena gugatan terhadap KKN, serta penentangannya terhadap ekspansi neoliberalisme, dll yang diwujudkan dalam ekspansi perusahaan Kelapa Sawit yang monokultur itu. Saat ini, walaupun perlawanan menuntut hak tanah terus berlangsung, perlawanan Dayak mulai mendapat basis perluasannya yang melibatkan populasi yang lebih luas melalui gerakan credit union (CU). Kepemilikan tanah yang sempit, rendahnya basis teknologi dan manajemen produksinya menyebabkan Dayak menjadi korban senyata-nyatanya dari serangan nafsu serakah kaum kapitalistik yang diboncengi oleh pengusaha-pengusaha perkebunan dan pertambangan. Akumulasinya telah berlangsung sejak krisis ekonomi di pertengahan tahun 1997. Dari hari ke hari kenistaan imperialisme terus menggiring Dayak pada batas kemampuannya untuk bertahan hidup, meniadakan alternative lain kecuali melawan !!.

Belakangan aksi menentang pejabat non Dayak terus membesar, seperti yang ditunjukkan oleh para mahasiswa, dsb. Seperti halnya mahasiswa, arus perlawanan Dayak mayoritas masih bersifat spontan. Bukan berarti tidak ada kemajuan. Beberapa perkembangan bisa menunjukkan arah perlawanan yang makin maju: mulai menyatunya Dayak dari lokal-lokal yang berbeda, bergerak dalam aksi massa dengan isu yang sama dan relatif terorganisir, sehingga terlihat militansi dan daya tahannya cukup lama misalnya. Kurangnya intervensi dari elemen-elemen yang lebih maju di kalangan Dayak menyebabkan proses integrasi dengan gerakan demokratik ini berjalan sangat lambat.

Kandungan terpenting dalam memahami kecenderungan politis di Kalimantan Barat, yakni bagaimana kita memahami aspek keragaman Dayak itu sendiri. Sementara itu, dalam kontek pemahaman Dayak masa depan, terletak pada kemampuan kita mengelola dengan baik potensi-potensi sosial tersebut menjadi semacam modal politik. Sehingga, keragaman subetnik itu, dapat kita jadikan semacam potensi politik, guna memperkuat Dayak.

Harapan dan angan-angan membangun masyarakat Dayak yang bermartabat dan kuat, bagaimanapun juga harus dikuasai sebagai variabel pendukung pembaharuan, bukan justru dijadikan sumber masalah, untuk kemudian dijadikan alasan terjadinya konflik antar Dayak. Pada tahap bahwa keragaman subetnik dan agama yang dianut Dayak dinyatakan sebagai kekayaan atas "model Dayak", menurut hemat penulis akan melahirkan beragam bentuk prasyarat-prasyarat politis yang intinya lebih banyak melakukan beragam akomodasi dan bukan berupa represi politik, seperti pernah dilakukan oleh rezim Orde Baru. Oleh sebab itu, kekuasan negara di tengah-tengah masyarakat Dayak yang serba multi-kultural ini, hendaknya penguasa politik tidak mungkin hanya menyederhanakan masalah melalui praktek politik jargon-jargon seperti: integrasi, kebhinekaan dan bentuk kekuasaan feodal yang hegemonik. Sebaliknya, apabila potensi sosio-kultural itu tidak dikelola dengan baik, besar kemungkinannya akan melahirkan pergesekan-pergesakan politik yang berjung pada ketidak-stabilan politik.

Selama kurun perubahan politik pasca kejatuhan Orde Baru, telah kita saksikan betapa buruknya pengelolaan potensi sosial oleh elit Dayak. Terlebih, apabila kita melihat bangkitnya gerakan kaum muda Dayak akhir-akhir ini, dengan kasat mata, elit politik Dayak terlalu mudah menyederhanakan masalah. Keragaman tuntutan dimaknai hanya sebagai bentuk kerewelan kaum muda serta dianggap mengganggu kedudukan elit politik Dayak. Padahal, suka atau tidak suka, tuntutan perubahan dari beragam kaum muda Dayak di Kalbar, akan terus menerus menjadi sebuah keniscayaan politik yang sulit untuk kita bendung. Keragaman sebagai keniscyaan wacana Persatuan Dayak (PD) hendaknya dijadikan paradigma baru dalam merajut kembali hubungan antarmanusia Dayak yang belakangan selalu hidup dalam suasana penuh konflikstual. Saat ini muncul kesadaran masif bahwa diperlukan kepekaan terhadap kenyataan kemajemukan, pluralitas Dayak, baik dalam subetnik, agama, budaya, sampai dengan orientasi politik.

Tawaran paradigma berupa kesadaran persatuan Dayak, memang, bukanlah hal yang baru. Masalahnya, bagaimana caranya kita dapat memobilisasikan konsep keberagaman tersebut melalui proses pengambilan keputusan politis yang menguntungkan Dayak secara keseluruhan. Pasalnya, selang bertahun-tahun, konsep Persatuan Dayak yang dijabarkan secara politis ke dalam konsep Kebhinekaan, hanya bekerja pada tataran kognitif semata. Sebaliknya, dalam praktek kekuasaan yang ada, justru melakukan tindak penolakan (ketidak-konsistensi), seperti tergambarkan melalui sentralisasi politik dan sosial. Penyelewengan konsepsi berpolitik semacam itu, setidaknya berhasil menghadirkan kondisi yang buruk seperti melahirkan stigma politis atas hak-hak manusia Dayak. Berdasarkan sudut pandang seperti itu, sudah semestinya, yang kita butuhkan sekarang adalah model kekuasaan DAYAK yang cerdas, dalam arti mampu melihat ancaman menjadi potensi.

Konsepsi Dayak dengan segala bentuk keragaman kulturalnya, pada tahapan teoritik, akan membawa masyarakat Dayak pada bentuk kesadaran, bahwa kita merupakan bangsa yang majemuk (plural), bangsa yang kaya ragamnya (diversity) dan sebagai bangsa yang besar (big nations). Dengan kenyataan semacam ini, konklusi yang hendak ditawarkan di sini adalah; bagaimana para pelaku politik Dayak mempunyai tanggung jawab yang memadai- dan dengan maksud mampu mengakomodir segala bentuk kemajemukan sosial. Sifat hetrogenik semacam ini, bilamana tidak dijadikan sebagai landasan kerja politik, menurut hemat penulis akan semakin menjauhkan posisi para politisi negara/aparatus negara dengan massa pendukungnya. Terlebih, apabila kita kaitkan kondisi tersebut dengan tuntutan perubahan ke depan. Secara terang benderang, para politisi telah meramalkan suatu kondisi dunia dengan meningkatnya kesadaran etnositas yang serba tidak tunggal (majemuk) dan penuh konflik jangka pendek. Indikasi kebenaran teoritik tersebut, secara kasatmata sudah kita rasakan saat ini. Persoalannya, model demokrasi yang menekankan kesadaran pluralitas Dayak, harus didasarkan semangat egaliterisme dengan muatan dan prasayarat yang sangat kompleks.

Bilamana model persatuan Dayak yang menekankan pluralitas hendak diterapkan, sepatutnya kita mencermatinya secara lebih kritis lagi. Salah praktek, akibatnya akan mengakibatkan anarkisme kekuasaan dan kemudian dibarengi oleh anarkisme sosial yang cenderung distruktif antar Dayak. Maka dari itu, di tengah bangkitnya kesadaran lokal yang kian hari kian meningkat, sudah sepatutnya beragam piranti organisasi Dayak jauh lebih serius, manakala kita menghendaki geo-politik Dayak hendak dipertahankan. Dengan lain perkataan, apakah kita akan tetap mempertahankan konsepsi politik Dayak dalam bentuk wacana integratif atau kita mengubahnya menjadi bentuk Dayak yang lebih pluralisti-seperti kita memikirkan kembali bentuk negara feredartif. Tanpa kesiapan untuk melakukan perubahan paradigma Dayak secara lebih mendasar, saya mengkhawatirkan cara-cara penanggulangan masalah seperti yang diberlakukan terhadap Madura, akan sangat tidak bermanfaat dalam perspektif Dayak ke depan.

Karenanya, kerumitan akibat luasnya ruang lingkup konflik di antara Dayak, merupakan potensi gangguan kekerasan antar Dayak. Bentuk keragaman dengan konsekuensi menguatnya politik kekerasan, muncul karena adanya berbagai macam alasan, seperti kegagalan lembaga-lembaga politik dan hukum untuk menyediakan perangkat/aturan bagi penyelesaian konflik maupun mengatasi keluhan-keluhan, konsolidasi (penguatan) identitas-identitas komunal dimana kelompok-kelompok bersaing mendapatkan akses untuk atau kendali atas sumber-sumber ekonomi, dan penggunaan kekerasan yang dijatuhkan oleh etnik lain untuk menghasut atau menekan konflik.

Berdasarkan realitas politik seperti itu, paham persatuan Dayak diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap proses demokratisasi diKalbar kedepan. Upaya terus menerus mengetangahkan persamaan hak politik di tingkat sosial yang lebih luas, akan menghubungkan persatuan Dayak dengan demokrasi. Terlebih jika kita melihat sisi keragaman Dayak itu, sebagai modal sosial, maka yang kita lihat bahwa hetrogenitas itu menawarkan jalur-jalur baru yang kelak kemudian hari akan memberi jalan alternatif pembaharuan politik Dayak di Kalimantan Barat. Karena Persatuan Dayak itu adalah sebuah ideologi dan sebuah alat atau wahana untuk meningkatkan derajat manusia Dayak dan kemanusiannya, maka konsep politik harus dilihat dalam perspektif fungsinya bagi kehidupan manusia Dayak. Dasar untuk menempatkan hakekat kemanusiaan, menjadi memiliki relevansi, terlebih melihat kondisi politik Dayak, yang kian hari kian menunjukan tindak persaingan tidak sehat.

Kedepan, politik Dayak membutuhkan pintu baru, sebuah cara untuk mengenali kembali akar sosialnya sendiri. Meskipun begitu, di bawah interpretasi-interpretasi yang penuh bias itu adalah demokrasi dan semangat pembaharuan yang pluralistik merupakan pilihan yang sangatlah sulit bagi kehidupan di tanah air.Langkah untuk mengetahui, meskipun sulit untuk mengatakan, mengapa dan bagaimana demokrasi menjadi jalan yang terjal untuk sebuah prasyarat perubahan, kita dapat kembali memaknai seluruh peristiwa perubahan sebagai bagian yang tidak terpisahkan untuk terus menjadikan masa lalu yang buruk untuk membangun kembali, sekian catatan kegagalan bangsa ini mencari bentuknya yang paling ideal. Bahwa kesadaran, catatan dan harapan yang kini tak ubahnya sulit kita pahami, tetapi setidaknya kesadaran akan perubahan bisa memberikan cukup informasi untuk mengetahui bahwa kekerasan, bahkan kebrutalan politik, bukanlah satu-satunya modal kultural yang kita miliki. Masih terdapat banyak cara, untuk menyusun kembali "puzzle" keragaman Nusantara dalam kerangka Indonesia moderen yang jauh lebih manusiawi.

Namun, semuanya akan benar-benar menjadi kenangan kolektif, bilama kita tidak menyadari perubahan itu adalah keniscayaan sejarah dari rentetan pulau dan kehidupan Dayak dimasa depan. Akhirnya, penulis dan segenap anggota Pergerakan Cendekiawan Dayak (PCD) Kalbar mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan Munas II DAD se-Kalimantan. Viva Dayak.


Sumber: lihat juga


Tahukah anda 1?

Tuesday 8 November 2011

  1. jika Anda menjumlahkan semua angka dari 1 sampai 100 berturut-turut (1 + 2 + 3 ...) itu total 5050
  2. kucing memiliki lebih dari 100 pita suara
  3. gajah tidur antara 4 - 5 jam dalam sehari
  4. sapi hanya bisa di ajar naik tangga tapi tidak akan bisa turun tangga
  5. katak tidak bisa menelan dengan mata terbuka 
  6. lidah Anda adalah bagian penyembuhan tercepat dari tubuh Anda
  7. bebek tidak bisa berjalan tanpa menganggukan kepala   
  8. pada tahun 1878 buku telepon pertama dibuat hanya berisi 50 nama
  9. rata-rata orang akan menghabiskan 25 tahun tertidur
  10. kulit Anda adalah organ yang terbesar yang membentuk tubuh manusia
  11. ada 31.557.600 detik dalam setahun
  12. Coca Cola meluncurkan produk Sprite 3 di 1961
  13. suhu kamar didefinisikan antara 20 sampai 25 ° C (68-77 ° F)     
  14. Brasil mencakup 50% dari benua Amerika Selatan
  15. 96% dari lilin yang dijual dibeli oleh perempuan  


Tahukah anda?

  • setiap kali Anda melihat bulan purnama Anda selalu melihat sisi yang sama
  • Tennessee adalah berbatasan dengan 8 negara: Alabama, Arkansas, Georgia, Kentucky, Mississippi, Missouri, North Carolina dan Virginia di AS
  • tidak ada makanan yang berwarna biru alami
  • Cokelat M & M singkatan inisial penemunya untuk Mars dan Murrie
  • bahwa Anda membakar lebih banyak kalori saat makan makanan yang mengandung saledri (semakin banyak yang Anda makan Anda menjadi lebih tipis) 
  • benua yang tidak memiliki gunung aktif hanya benua australis
  • jalan terpanjang di dunia adalah Yonge jalan di Toronto Kanada mengukur 1.896 km (1.178 mil)
  • Coca-Cola awalnya mengandung kokain
  • dalam setiap episode Seinfeld ada referensi Superman
  • Koala tidur sekitar 18 jam sehari
  • bahwa 90% dari gunung es berada di bawah air
  • Jerapah bisa ngorek kuping sendiri dengan lidahnya yang 21 inci


tips & Trik main poker di facebook biar menang

Monday 7 November 2011

1. Memahami Permainan Poker Online
Ini bagi Anda yang ingin tahu cara main Poker di Facebook.. Anda memegang 2 kartu , sementara bandar membagikan 5 kartu, Nah silahkan cocokkan dengan 2 kartu yang anda pegang dengan 5 kartu yang dibagikan oleh Bandar. 2 kartu yang anda pegang digabungkan dengan 3 kartu? paling cocok/ bagus bandar yang bagikan, jadi anda? memiliki 5 kartu.
urutan kartu terkecil sampai yang terbesar adalah: 2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K,As dan tiap angka/ huruf beda” nilainya tergantung ama gambar di kartunya
Urutan Bunga dari terendah ke tertinggi :
1. Diamond (merah)? —–> paling rendah
2.Keriting (hitam)
3.Love/ Hati (merah)
4. Spade/ Sekop (hitam)——> paling tinggi/bagus
contoh : kartu As Spade menang lawan As Love/keriting/diamond
Nah ini dia? istilah dalam “Texas Hold’Em Poker” dari yg kecil sampai ke yang besar:
- One Pair (ada 1 pasang kartu yg sama/ kembar? misalnya 8 dan 8 atau As dan As)
- Two Pair (ada 2 pasang kartu yg sama misalnya 8-8, 6-6)
- Tris atau three off a kind (ada 3 kartu yg sama ex. 8-8-8)
- Straight (5 kartu berurutan ex. 3-4-5-6-7 atau 10-J-Q-K-As
- Flush (5 kartu bunganya sama ex. hati semua/keriting semua)
- Full House (combinasi Tris ama One Pair. ex. 8-8-8-6-6)
- Four of a Kind (ada 4 kartu yg sama ex. 8-8-8-8)
- Straight Flush (combinasi Straight ama Flash ex. 3-4-5-6-7 tp semuanya hati/keriting)
- Royal Flush (10,J,Q,K,As bunganya sama. Nilai paling tinggi di poker adalah Royal Flush Sekop )
Urutan Bunga dari terendah ke tertinggi :
- Diamond (merah)
- Keriting (hitam)
- Love/ Hati (merah)
- Spade/ Sekop (hitam)
Istilah permainannya 
Fold = Batal ikut (klo kartu km jelek untuk bisa jadi sebaikya anda memilih ini)
Check = Hanya mengecek dan tidak menambah taruhan, tapi ini hanya bisa dilakukan kalau yang lain
tidak menambah taruhan (Kalau anda masih ragu sebaiknya anda memilih ini)
Call = Ikut (Kalau kartu kamu berpeluang jadi sebaiknya anda memilih ini)
Raise = Menambah taruhannya (Klo kartu kamu besar peluangya/sudah jadi sebaiknya anda memilih ini
tapi tetap memperhatikan urutan kartu dari yang kecil sampai yang besar)
Untuk menyempurnakan permainan sobat pencari cara dengan teknik maupun strategi terbaik permainan poker online di facebook adalah satu satunya cara buat kita lebih sering menang. Cara bermain Poker online strategi yang terbaik adalah untuk menguasai teknik permainan, namun masih ada banyak lagi tips hebat yang bisa membantu sobat pencari cara untuk meningkatkannya.
2. Berikut ini Cara bermain Poker atau The Best Poker Strategy Techniques yang dapat membantu sobat pencari cara memenangkan, antara lain:
1. Posisi : Cara bermain Poker
Salah satu aspek Cara bermain Poker yang terpenting adalah posisi. Posisi yang berkaitan dengan ketika sobat pencari cara akan bertindak dengan tangan. Sebagai contohnya jika sobat pencari cara adalah orang pertama yang bertaruh setelah tiba, inilah yang disebut dengan posisi awal, dan jika sobat pencari cara bertaruh dibagian akhir, inilah yang disebut dengan posisi akhir.
Mengapa alasan Posisi sangatlah penting? Karena hal tersebut memungkinkan sobat pencari cara untuk melihat tindakan lawan sebelum sobat pencari cara harus membuat keputusan. Mengetahui akan apa yang orang lain mau lakukan, dapat membuat keputusan sobat pencari cara lebih mudah dalam banyak kasus. Belajar bagaimana Cara bermain Poker menggunakan posisi adalah salah satu teknik terbaik di strategi permainan poker.
2. Membaca : Cara bermain Poker
Strategi posisi cara bermain Poker diatas dapat dikombinasikan dengan membaca posisi lawan dan strategi cara bermain Poker terbaik yang lain. Walaupun secara fisik sobat pencari cara tidak dapat melihat lawan, tapi ada banyak cara lain untuk membaca lawan sobat pencari cara. Apakah lawan sudah agresif, cenderung menggertak, ataukah taruhan yang mencurigakan..?, Semua pertanyaan ini akan membantu sobat pencari cara memutuskan untuk membuat benar bermain.Selain membaca lawan, Sobat pencari cara harus dapat membaca board. Apakah flush atau straight? Apakah ada yang menarik,, dan lawan sobat pencari cara cenderung mengejarnya. Semua faktor ini dapat memainkan peran penting dalam belajar strategi cara bermain Poker untuk menang.
3. Matematika : Cara bermain Poker
Matematika adalah bagian yang sangat penting dari permainan, karena terdapat banyak variabel yang tidak diketahui di Texas Holdem, mengetahui matematika poker game akan dapat membantu sobat pencari cara membuat keputusan yang tepat. Sebagai contoh jika flush menarik memiliki 34% kemungkinan datang pada gilirannya, apakah sobat pencari cara ingin mengambil risiko semua chip..??
4. Bankroll Manajemen : Cara bermain Poker
Bankroll sobat pencari cara yaitu jumlah uang yang sobat pencari cara harus bermain dan berinvestasi dalam karir poker sobat pencari cara. Mampu benar mengelola bankroll sobat pencari cara adalah kunci untuk kelangsungan hidup. Sama seperti bisnis membuat keuntungan produk mereka, sobat pencari cara perlu bankroll keuntungan dari bermain.Strategi cara bermain Poker terbaik untuk digunakan dalam kaitannya dengan bankroll adalah untuk menjaga uang sobat pencari cara, dan untuk berinvestasi dengan bijak. Ketika bermain permainan uang tunai tidak mengambil risiko yang tidak perlu besar, dan ketika bermain turnamen membeli sobat pencari cara tidak boleh melebihi 10% dari bankroll sobat pencari cara.
5. Chips : Cara bermain Poker

Poker chips dalam permainan poker adalah darah kehidupan, Sobat pencari cara harus belajar untuk memperlakukan chip sobat pencari cara sebagai komoditi yang berharga dan membiarkan chip tersebut untuk membangun lebih banyak chip. Menghormati tidak hanya permainan itu sendiri, tetapi menghormati nilai chip sobat pencari cara. Gunakan chip sebagai senjata terhadap lawan dan melindungi chips dari lawan sobat pencari cara yang menginginkannya.Perlindungan chip adalah Strategi poker online terbaik yang berhubungan dengan kelangsungan hidup dalam permainan. Sobat pencari cara dapat menggunakan strategi terbaik cara bermain Poker ini untuk membantu meningkatkan permainan dan memenangkan lebih banyak lagi uang dengan membangun bankroll sobat pencari cara.
3.Tips dan Trik Agar Menang Bermain Poker
Zynga Poker adalah salah satu game online di facebook yang memiliki efek visual yang bagus. Game Poker ini dapat dimainkan dari 6 jenis situs pertemanan yaitu Facebook,Tagged,Hi5,Bebo,My Space,My Yahoo. Namun diantara situs pertemanan yang dipilih pada umumnya banyak memilih Facebook. Berikut beberapa tips dalam bermain poker facebook :

MENGUBAH GAYA BERMAIN
Mengubah gaya bermain adalah hal yang paling penting saat anda bermain dengan lawan-lawan yang sering anda temui. Jika anda terkenal sebagai pemain yang sangat agresif, terutama saat anda bertaruh, maka sekali-sekali ubahlah gaya bermain anda menjadi seorang yang cenderung bermain aman.
Saat lawan-lawan anda mengira anda adalah seorang yang suka bermain aman, maka ubah lagi gaya bermain anda menjadi agresif. Kemampuan untuk selalu mengubah gaya bermain akan membuat lawan anda selalu menebak-nebak karakter anda dan tidak bisa “membaca” diri anda.
TAHU KAPAN SAATNYA UNTUK BERHENTI
Banyak pemain poker yang menang besar sampai tiga kali dan kalah tiga kali pula sampai akhirnya benar-benar bangkrut. Banyak juga pemain poker yang menang sedikit-sedikit 10 kali berturut-turut dan langsung kalah dalam sekali taruhan.
Memang rekor bermainnya 10 kali menang dan 1 kali kalah, tapi tetap saja langsung bangkrut. Ingatlah untuk selalu membatasi kekalahan dan memaksimalkan kemenangan anda. Jangan terlalu serakah saat meletakkan taruhan anda kecuali anda benar-benar memiliki kartu yang bagus.
MENGUBAH GAYA BERMAIN
Beberapa pemain “mencampur” cara bermainnya dengan bermain sangat agresif saat memiliki kartu bagus dan bermain agresif pula saat memiliki kartu jelek. Sebaliknya cobalah untuk bertaruh pada kartu jelek anda sama seperti saat anda memiliki kartu yang sangat bagus. Hal ini akan membuat lawan anda bingung saat bertaruh dengan anda.
POSISI DUDUK ANDA SAAT BERMAIN
Posisi duduk adalah salah satu hal penting dalam Poker, dan maksud saya posisi adalah tempat anda duduk relatif terhadap dealer (pembagi kartu). Giliran dalam bertaruh biasanya ditentukan searah jarum jam. Jika posisi duduk anda semakin “jauh” dari dealer, maka semakin banyak lawan anda yang harus bertaruh terlebih dahulu. Hal ini menjadi penting karena anda dapat membuat keputusan untuk bertaruh atau tidak setelah terlebih dahulu melihat apa yang lawan anda lakukan.
LATIHAN POKER
Poker tidak jauh berbeda dibandingkan olah raga. Anda pasti pernah melihat seorang pemain basket professional yang dapat dengan mudahnya melakukan tembakan tiga angka. Padahal kalau dipikir-pikir bagaimana mungkin bisa memasukkan bola yang sedemikian besar ke dalam lubang yang sedemikian kecil dari jarak yang jauh? Tetapi, pemain itu tentu saja sudah berlatih sejak lama dan berkali-kali sehingga sepertinya tembakan tiga angka terlihat sangat mudah.
Demikian juga halnya dengan bermain poker. Banyak orang yang meremehkan kesulitan permainan ini, padahal Poker sebenarnya adalah permainan yang sangat rumit. Anda memerlukan beberapa hal penting yang harus diketahui agar bisa menjadi seorang pemain poker yang baik.
Hal yang paling penting adalah selalu berlatih seperti atlet olahraga professional sebelum bermain dalam permainan poker sebenarnya. Bacalah buku-buku poker, tontonlah video-video poker dan pahamilah beberapa strategi dasar sebelum anda mempertaruhkan uang anda dalam permainan poker sebenarnya.
BERTAHAN SELAMA MUNGKIN
Sering kalah dan sedikit menang adalah suatu bencana saat anda bermain poker. Tidak penting bagaimana caranya, tetapi usahakan agar anda bertahan selama mungkin di meja poker. Saat anda bermain baik, jangan cepat-cepat berhenti. Umumnya orang sering berhenti terlalu cepat dan anda bermain lebih baik saat anda lebih sering menang daripada kalah. Jadi, saat anda menang, teruslah bermain sampai anda lelah, dan keluar saat anda mulai membuat kesalahan.
TURNAMEN VS CASH GAME
Perbedaan utama dari Turnamen dan Cash Game adalah saat bermain Cash Game anda bisa belajar dari kesalahan yang anda buat sebelumnya, tapi dalam turnamen satu kesalahan bisa berakibat kehilangan semua uang anda. Jadi anda harus selalu tenang, jangan sampai salah membaca lawan anda dan anda keluar dari turnamen.
Sekian Tips bermain Facebook.. ini hanyalah sebuah Tips.. bukan Trik..
Selamat bermain Poker…
(NB : Maaf, artikel Bermain Poker ini tidak bermaksud mengajarkan anda bermain judi poker, melainkan hanya sebagai pengetahuan dan catatan internet saja).


Jame Bond 007?

Saturday 5 November 2011

Dia tampan, tinggi, drive mobil yang cepat, memiliki akun beban terbatas, dan selalu mendapatkan gadis itu. Itu hanya aktor. Karakter ia gambarkan juga memiliki lisensi untuk membunuh.

James Bond debutnya di Ian Fleming novel Casino Royale pada tahun 1953. Novel ini diadaptasi untuk televisi pada tahun 1954, menampilkan Barry Nelson sebagai 007. Film Bond pertama, Dr No, dirilis pada tahun 1962, dibintangi Sean Connery. David Niven memimpin dalam versi spoof Casino Royale pada tahun 1967, itu adalah tidak diakui sebagai bagian dari franchise Bond. Sejak Dr No, setara dengan setengah populasi dunia telah melihat setidaknya satu film Bond.

Sean Connery membintangi tujuh film Bond (termasuk "tidak resmi" Never Say Never Again pada 1983), George Lazenby dalam satu, Roger Moore di tujuh, dan Timothy Dalton dalam dua. Pierce Brosnan adalah menerbitkan ijin keempat menggetarkan di film Bond 21th, Die Another Day. Daniel Craig Martini-nya dikocok, bukan diaduk, di film Bond 22, sebuah remake dari Casino Royale. Dia mencium gadis-gadis di 23 (resmi 22) Obligasi film, Quantum of Solace, yang dirilis pada tahun 2008. Semua aktor 007 lebih 1,8 meter (6 kaki) tinggi.
Di 22 film pertama, Obligasi memiliki 23 martini vodka, 6 yang ia memerintahkan dirinya sendiri tapi dua dari mereka ia tidak pernah menerima. Sisanya disiapkan dan dibawa kepadanya. Paling mengejutkan, dalam 7 nya penampilan sebagai Bond, Sean Connery mengucapkan kalimat "dikocok, bukan diaduk" hanya sekali, di Goldfinger. Dalam, Obligasi Fleming novel minuman gin martini martini bukan vodka.007
007 Para 007 tanda
Karakter Obligasi dikatakan telah didasarkan pada Dr John Dee, agen rahasia pertama Inggris. Dee, yang hidup 1527-1608, adalah seorang penasehat Ratu Elizabeth I. Ia adalah seorang ahli matematika, brilian penyihir, filsuf, alkemis dan astrolog. Selama waktu itu, Inggris sedang berperang dengan Spanyol, dan takut mata-mata, Dee dirancang kode 007 untuk korespondensi dengan Ratu. Para 2 nol menunjukkan "untuk mata Anda saja," dan 7 adalah, kabalistik atau, nomor samar. Dr Dee bukan agen rahasia yang hanya dari waktu. Melihat Spanyol mengumpulkan sebuah kerajaan besar baru di "Dunia Baru" (Amerika), Ratu Elizabeth diam-diam mengirim bajak laut yang berubah-explorer Inggris Francis Drake (1540-1596) barat dengan maksud terselubung untuk mengusik orang Spanyol. Hal ini diketahui bahwa Dr Dee dan Drake benar-benar bertemu untuk membahas strategi.
Namun, Fleming menjelaskan penciptaan Bond: "Saya diekstrak plot Obligasi dari kenangan masa perang saya, dolled mereka, terpasang pahlawan, penjahat, dan pahlawan, dan ada buku."
Ian Fleming
Ian Fleming (28 Mei 1908 - 12 Agustus 1964) adalah melekat pada Divisi Intelijen Angkatan Laut Inggris selama Perang Dunia II. Setelah perang, Fleming membeli sebidang tanah di Jamaika dan membangun sebuah bungalow di atasnya, menyebutnya Goldeneye. Di sinilah, berusia empat puluhan, pada 14 Juli 1952 bahwa setelah tiga kali mencoba kata-kata pertama dari novel Obligasi pertama diciptakan: "Bau dan asap dan keringat yang memuakkan kasino pukul tiga pagi."
Nama Obligasi hanya dipinjam dari penulis Burung dari Hindia Barat. Karakter M adalah model Laksamana John Godfrey, Direktur Intelijen Angkatan Laut Divisi (PIN), kepada siapa pada tahun 1939 Fleming dibuat asisten pribadi.
Dalam novel, James Bond dan T sebenarnya tidak pernah bertemu. Fleming menulis tentang Boothroyd Mayor dan cabang Q tetapi tidak pernah menyebutkan sebuah karakter bernama T.
Penulis John Gardner mengambil alih penulisan Ian Fleming pada tahun 1981 dengan Lisensi novel pertamanya yang diperbarui. Enam belas tahun kemudian ia melepaskan pena dengan Raymond Benson 007 yang memulai debutnya dengan Zero Minus Sepuluh dan berakhir dengan korban terakhirnya berjudul The Man Dengan Tattoo Merah pada tahun 2002. Tiga tahun kemudian, Charlie Higson dianugerahi tantangan untuk menggambarkan Obligasi remaja dalam tahun 1930-an pengaturan dalam serangkaian dari 5 buku Obligasi muda, dimulai dengan Silverfin.
Tempat dimana James Bond bercinta
Di 22 film pertama, Bond mengatakan 35 kali bahwa ia akan mati. Dia tidak, tentu saja. Apa yang dia lakukan, bagaimanapun, adalah bercinta 81 kali: di sebuah kamar hotel (20 kali), London datar (2), di rumahnya (15), tempat orang lain (2), di kereta (3), dalam gudang (2), di hutan (2), di sebuah tenda gipsi (2), rumah sakit (3), di pesawat (2), di sebuah kapal selam (1), di dalam mobil (1), di gunung es bermotor (1), di, sekitar, di bawah, atau dengan air (25 kali). Dari 62 anak perempuan pertama Obligasi, 31 berambut cokelat, 25 blonds, dan 4 gadis berambut merah. Perempuan mengerang "Oh, James!" 16 kali.
 
Daniel Craig
Daniel Craig
Pierce Brosnan
Pierce Brosnan
Timothy Dalton
Timothy Dalton
Roger Moore
Roger Moore
George Lazenby
George Lazenby
Sean Connery
Sean Connery


Ian Fleming
Ian Fleming



Mobil Mercedes dari nama gadis austria

Pada tahun 1897, Austria pengusaha Emil Jellinek, melakukan perjalanan dari rumahnya di Nice, Perancis untuk membeli mobil dari pabrik Daimler di Cannstatt, Jerman. Pada kedatangannya ke Riviera Perancis, yang olahraga Daimler Phoenix menyebabkan seperti sensasi bahwa ia memutuskan untuk masuk ke kompetisi tur lokal, di bawah nama "Mercedes" setelah favoritnya putrinya 9 tahun. Menyadari potensi bisnis untuk mobil baru, dia tidak hanya ditempatkan pesanan untuk 36 lebih, tetapi juga dijamin waralaba untuk menjual mereka di beberapa negara. Gottlieb Daimler juga sepakat untuk memiliki mereka dijual di bawah nama "Mercedes."

Nama dagang Mercedes didaftarkan setelah kematian Daimler pada tahun 1900 dan bintang 3-menunjuk menjadi merek dagang. Daimler pernah digambar lambang pada kartu pos kepada istrinya, bintang melambangkan pertumbuhan bisnis menjadi transportasi di darat, laut dan udara.

Untuk Karl Benz, nama untuk mobil yang sangat sederhana: ia tertutup namanya dalam cogwheel untuk memberikan contoh solidness pekerjaan rekayasa di Mannheim. Para cogwheel kemudian menjadi karangan bunga laurel.

Setelah Perang Dunia Pertama perusahaan Daimler dan Benz bekerja lebih dekat bersama-sama, umumnya iklan pada poster yang sama. Mereka digabungkan pada tahun 1926, menggabungkan karangan bunga laurel dan 3-menunjuk bintang sebagai merek dagang mereka.

Menariknya, meskipun Gottlieb Daimler dan Karl Benz adalah dua dari pelopor utama dalam industri otomotif, mereka mungkin tidak pernah bertemu, meskipun mereka tinggal hanya 100 km (60 mil) dari satu sama lain di Jerman. Daimler meninggal pada tahun 1900. Daimler-Benz digabung pada tahun 1926.